DEMONSTRASI KONTEKSTUALNILAI DAN PERAN GURU PENGGERAK Oleh : Dita Halimah UlfaCGP4_Kota Bogor_Jawa Barat_2021
Iya nih, tak terasa sudah satu bulan mengikuti PGP. Saya ingin sekali menjadi Guru Penggerak yang memiliki nilai Mandiri, Reflektif, Inovatif, Kolaboratif, dan Berpihak pada murid.
Selamat Pagi bu Amel..
Sudah sebulan yah mengikuti PGP. Ibu ingin menjadi Guru Penggerak yang seperti apa ?
Selamat Pagi bu Dita..
Selain itu, saya juga berharap dapat menjaalankan peran sebagai Guru Penggerak dengan maksimal
Peran Guru Penggerak itu ada lima, diantaranya Menjadi pemimpin pembelajaran, Menggerakkan komunitas praktisi, Menjadi coach bagi guru lain, Mendorong kolaborasi, dan mewujudkan kepemimoinan murid.
Betul bu !..
Berarti untuk menjadi Guru Penggerak kita harus menjalankan nilai dan peran guru penggerak sebaik mungkin ya bu Dita !
Emangnya.. peran Guru Penggerak itu apa saja sih bu ?
Saat ini, saya mulai mencoba untuk mengubah metode pembelajaran yang lebih berpihak kepada murid (student centered). Saya juga ingin sekali dapat berkolaborasi bersama rekan-rekan guru yang ada di sekolah ini ataupun di sekolah lainnya, agar kita semua sebagai pendidik dapat merubah paradigma kita terhadap pendidikan sehingga terwujudnya profil pelajar pancasila
Trus, dari ke lima nilai dan peran yang ibu sebutkan tadi apa yang sudah ibu terapkan ?
Untuk dapat meujudkan peran Guru Penggerak dan Profil Pelajar Pancasila. Maka kita perlu meningkatkan kualitas diri kita sebagai pendidik.
Betul sekali, saya setuju dengan bu Dita, semua guru atau pendidik harus memperbaiki kualitas dirinya.
Keberhasilan seorang Guru Penggerak dalam memahami nilai & peran Guru Penggerak akan mendorong terwujudya Profil Pelajar Pancasila